S1 ILMU KOMPUTASI Institut Teknologi TELKOM



Untuk Penuhi SDM Bidang ICT
            Sementara yang lain sudah mampu menciptakan berbagai teknologi canggih, Indonesia baru sekadar menjadi pengguna di tengah serbuan produk-produk ICT keluaran negara lain. Miris khan bila melihat kenyataan bahwa tenaga-tenaga ahli di bidang ICT (Information and Communication Technology) asli Indonesia masih amat terbatas jumlahnya. Padahal, Indonesia adalah pangsa pasar besar dan potensial produk-produk ICT. Tengok saja, pengguna jejaring sosial di Indonesia tercatat hampir 18 juta facebookers, 140,5 juta pengguna seluler, serta 45 juta pengguna internet dari total 237,5 juta penduduk.


Multidisiplin Ilmu
            Maka. buat kamu yang care dan berminat dengan bidang ICT, khususnya teknologi komputer, kamu mesti tahu program studi (prodi) yang satu ini. Prodi S-1 Ilmu Komputasi, yang merupakan perpaduan Informatika, Pemodelan, dan Teknologi Jaringan Komputer ini sudah ada di IT Telkom (Institut Teknologi Telkom) sejak 21 Januari 2009. Prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom dikukuhkan dengan Surat Keputusan Dikti No. 90/D/T/2009.

Didik Ahli Teknik Komputasi
Prodi S-1 Ilmu Komputasi hadir untuk menunjang penyelesaian masalah-masalah yang memerlukan komputasi berkinerja tinggi atau HPC (High Performance Computer) dengan menggunakan pemodelan dan teknik-teknik komputasi. Bidang ini biasanya digunakan untuk desain sistem pertelekomunikasian, peramalan harga saham, desain sistem kecerdasan buatan, desain sistem pada industri manufaktur, desain sistem perusahaan pertambangan, dan lain-lain.
Lulusan prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom harus mampu membuat pemodelan masalah dari berbagai permasalahan nyata ICT, mampu mendesain algoritma yang efisien untuk menyelesaikan masalah, serta dapat mengimplementasikan teknik-teknik komputasi untuk merekayasa sebuah sistem komputasi berkinerja tinggi atau HPC.

Peluang Kerjanya Sangat Prospektif
Buat kamu yang berminat kuliah di prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom, nggak usah khawatir bakal kesulitan mendapatkan pekerjaan. Lantaran masih jarang, prospek kerja lulusan S-1 Ilmu Komputasi terbuka lebar.
Profesi yang bisa digarap di antaranya Information Technology Support Engineer, ahli dalam bidang dukungan teknologi informasi di perusahaan, seperti dukungan dalam sistem informasi, jaringan komputer, software pendukung pengambilan keputusan, dan sebagainya. Kemudian, System Analyst Engineer, ahli dalam analisis masalah dan perencanaan perangkat lunak dalam suatu pengembangan perangkat lunak (software).
Selanjutnya, Software Development Engineer, ahli dalam membangun sebuah software, pemrograman, dan perancangan algoritma yang efisien. Lalu, Database Engineer, ahli dalam perancangan sebuah database yang bisa menggali informasi dari data berukuran besar, seperti database perusahaan, halaman-halaman web, dan lain-lain. Terakhir, Modelling & Simulation Engineer, ahli pemodelan dan simulasi dalam pembangunan sebuah software.
Nah, tinggal pilih dech profesi mana yang srek dengan hati kamu.

Dosennya Friendly
Prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom didukung dosen-dosen profesional dan materi perkuliahan sebanyak 145 SKS dengan kurikulum 2008. Kamu nggak perlu sungkan bertanya pada dosen jika kuliah di prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom, karena mereka cukup friendly dan mau membantu kesulitan belajar mahasiswa melalui diskusi terbuka hingga berkomunikasi lewat internet. Ini bakal memudahkan kamu untuk berkonsultasi tentang apa pun yang kamu pelajari di kelas dan laboratorium.
Mata kuliah yang akan diajarkan para dosen itu buat kamu antara lain Desain & Analisis Algoritma, Sistem Paralel, Pemodelan dan Simulasi, Sistem Konkuren dan Terdistribusi, jaringan Komputer, dan lain-lain.

Punya Kelas Cozy dan Laboratorium Canggih
Sementara dari segi fasilitas, prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom ditunjang ruangan kelas bersuasana cozy serta laboratorium canggih seperti Laboratorioum Pemodelan dan Simulasi yang terdiri atas Laboratorium Dasar Komputer, Pemodelan dan Simulasi, serta Optimasi dan Kontrol. Juga, Laboratorium Komputasi dan Algoritma yang terdiri atas Laboratorium Komputasi Dasar, Sistem Terdistribusi, Komputasi Paralel, dan Komputasi Cerdas. Dengan begitu, kamu bakal memahami penerapan teori yang didapat di kelas dalam praktik sesungguhnya di laboratorium-laboratorium itu.

Ada Keahlian Tambahan
Selain itu, kamu juga bakal dibekali keahlian tambahan pilihan semacam Matlab, Desain Web, Java & Mobile Application, pengembangan animasi dan multimedia, serta Open Source dan jaringan. Ini, so pasti, bakal membuat kamu benar-benar siap bersaing di dunia kerja.

TAK Asah Softskill-mu
Selain dibekali berbagai kemampuan hardskill, kebisaan kamu di sisi softskill pun bakal ditempa di prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom lewat TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan). Inilah program unggulan IT Telkom buat menyeimbangkan otak kiri dan kanan guna meningkatkan softskill kamu seperti kemampuan melakukan inisiatif, proaktif, adaptasi, dan komunikasi secara baik yang memang amat dibutuhkan di dunia kerja.
Jadi, tunggu apa lagi, buruan gabung dengan prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom sekarang juga!

yang mampumenggambarkan kehidupan gw cuma puisi nya chairil anwar Aku (Chairil Anwar) Kalau sampai waktuku ‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu Tidak juga kau Tak perlu sedu sedan itu Aku ini binatang jalang Dari kumpulannya terbuang Biar peluru menembus kulitku Aku tetap meradang menerjang Luka dan bisa kubawa berlari Berlari Hingga hilang pedih peri Dan aku akan lebih tidak perduli Aku mau hidup seribu tahun lagi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 komentar

komentar
2 April 2015 11.39 delete

ilmu komputasi di telkom akan medapat gelar apa

Reply
avatar
Anonim
24 Agustus 2015 07.40 delete

Imamsyafii.I.Komp.,

Reply
avatar
27 Oktober 2015 11.59 delete

Untuk sekarang ini, di dunia kerja.. lulusan ilmu komputasi rata2 dapet kerja di perusahaan mana aja ya? Kalo ada data nama2 perusahaan + salarynya boleh di share dong min.. saya kebetulan sedang kuliah di jurusan ini di telkom angkatan 2015.. makasih

Reply
avatar
28 Juni 2016 08.21 delete

Hi min....
Saya MABA telkom university. Saya masuk jurusan ilmu komputasi. Jujur saya dalam pelajaran itung itungan itu kurang. Nah modal apa yang harus saya miliki sebelum mulai kuliah min ?
Mohon bantuannya

Reply
avatar
28 Juni 2016 08.22 delete

Hi min....
Saya MABA telkom university. Saya masuk jurusan ilmu komputasi. Jujur saya dalam pelajaran itung itungan itu kurang. Nah modal apa yang harus saya miliki sebelum mulai kuliah min ?
Mohon bantuannya

Reply
avatar
28 Juni 2016 08.25 delete

Hi min
Saya MABA telkom
Dalam pelajaran itung itunga saya kurang nih min. Ilmu komputasi sudah jadi jurusana saya. Di ilmu komputasi juga banyak pelajaran itung itungan. Modal apa yang harus saya kuasai sebelum kuliah nih min biar saya engga ketinggalan ?

Reply
avatar
29 Juni 2016 10.33 delete

halloo dek, panggil kak putra saja. hahahah jadi nanti disemester ke 6 kita bisa memilih kelompok keahlian, kalo di IK sekarang ada 2 keahlian, pengkodingan sama dengan pemodelan simulasi.. nanti bakalan tau sendiri enak milih yang mana. saya juga sih dari SD saya lemah dalam hitung-hitungan jadi masuk diIKOM mah berjuang sangat keras hehehehe.. kalo modal mah tekat sama semangat juang sih.. ntar kalo sudah masuk perkuliahannya enak kok, nggak terlalu ribet juga perhitungannya selain bisa masuk diakal juga bakalan ada kakak-kakak senior yang mau ngebantu kalian... semangattt...

Reply
avatar
29 Juni 2016 10.35 delete

gelarnya sekarang S.SI.kom (sarjana Sains Komputasi)

Reply
avatar
29 Juni 2016 10.37 delete

kalau masuk dunia kerja sih luas banget, ada yang buat perusahaan IT sendiri, ada yang bekerja di Dirgantara, ada yang di pertamina, lebih jelasnya tanya di Admin Fakultas saja, insaallah bakalan di kasih komplitt

Reply
avatar
28 Juli 2016 03.06 delete

Mas putra keputusannya sekarang namanya s1 computiunal and data scince nih sama kayak.yang diataskah

Reply
avatar
9 September 2016 05.08 delete

Permisi, untuk ilmu komputasi di telkom.
Penerapannya di computational science & enginnering, computational & data science, atau computational science? Soalnya namanya berganti-ganti.

Reply
avatar
9 September 2016 18.45 delete

iya sama, itu cauma namanya saja,, dan fokus kurikulum kemungkinan gantiii...

Reply
avatar
9 September 2016 18.50 delete

itu cuma nama saja dek yg diganti, tapi esensi dan mata kuliahnya sama saja.. mungkin fokus outputan nya saja yang berbeda..

Reply
avatar