Essay History Multimedia Technology

       Secara etimologi multi media berasal dari bahasa latin yaitu multi dan medium, multi(nouns) yang berarti banyakk(bermacam-macam) dan medium(sesuatu yang dipakai untuk memnyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.

Istilah multimedia sendiri dikenal pertama kali dari teater, bukan dari bidang komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering sekali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multi media mencangkup gambar, tesk, audio, video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.


Sistem multi media dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkanya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987, dan diumumkan oleh IBM pada 1989 mengenai perangakat lunak Audio VisualConnection (AVC). Dan sejak saat peluncuran perangkat lunak tersebut banyak prerusahaan pembuat perangkat lunak berlomba-lomba membuat perangkat lunak yang mampu mempermudah manusia untuk membuat karya multimedi.
Pemanfaatan multi media sangatlah banyak diataranya untuk media pembelajaran, game, film, medis, militer, desain, bisnis, arsitektur, olahraga iklan, dll. (wahono,2007). Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedai interaktif.
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:
1.      Teks                : Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe, ukuran dan wana.
2.      Grafik                        : Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak.
3.      Audio              : Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.
4.      Interaktivitas : Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.
 Satu alasan penting bahwa alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik adalah menarik perhatian dengan kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan perhatian. Dengan kualitas praga yang luar biasa, warna-warna pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan perhatian dan memperbaharui daya tarik gagasan yang disampaikan.
Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.


yang mampumenggambarkan kehidupan gw cuma puisi nya chairil anwar Aku (Chairil Anwar) Kalau sampai waktuku ‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu Tidak juga kau Tak perlu sedu sedan itu Aku ini binatang jalang Dari kumpulannya terbuang Biar peluru menembus kulitku Aku tetap meradang menerjang Luka dan bisa kubawa berlari Berlari Hingga hilang pedih peri Dan aku akan lebih tidak perduli Aku mau hidup seribu tahun lagi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »